<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d9640075\x26blogName\x3dthis+is+about+ME+and+me\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://nanaworld.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://nanaworld.blogspot.com/\x26vt\x3d-8684301165100716096', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Monday, September 10, 2007

Ngetest Yuks..

Mumpung lagi inget, gue harus nulisin pengalaman ngejalanin sebuah tes kesehatan yang cukup membuat beberapa orang temans mengalami serangan jantung sesaat waktu gue ceritain. Yah siapa tau di masa yang akan datang gue akan mengalami kehilangan ingatan permanen, paling enggak gue bisa review di sini tentang hasil tes dan kondisi kesehatan gue :p

Jadi ceritanya gue pernah ngejalanin VCT. Apakah itu VCT? Ini adalah kependekan dari Voluntary Counseling and Testing. Kenapa gue memutuskan buat ngejalanin VCT adalah diawali dengan pergaulan erat dengan Mbak Titien dan Mas Anto di suatu event yang bernama Training of Trainers for HIV AIDS.

Well.. sebelom ikutan ToT itu sebenernya gue juga udah dapet bekal yang cukuplah tentang makhluk bernama HIV dan AIDS. Tapi baru di acara itu akhirnya gue bener-bener dapet partner diskusi yang sangat asik yang bahkan bikin gue membuat sebuah pengakuan penting tentang perilaku beresiko tinggi yang "mungkin" udah gue lakuin, dan juga berani mengambil langkah yang sumpah mati bikin gue deg-degan & nggak tenang tidur plus kehilangan nafsu makan selama beberapa minggu.

As we might already know, ada sebuah pehamanan khusus dalam melihat sebuah perilaku beresiko tinggi terhadap HIV AIDS. Misalnya aja, have sex nggak pake kondom (baik oral, anal atau al al yang lainnya :p), udah punya partner sex lebih dari satu, pake narkoba suntik, dan lain sebagainya. Selama ini sih orang aware hanya kalo mereka ngelakuin hal-hal yang gue sebutin di atas dalam frekuensi sering. Padahal sekali aja itu dilakuin, resiko dapet virus HIV tetep ada man.

Nah berangkat dari pemahaman itu dan diskusi panjang sama Mbak Titin dan Mas Anto, akhirnya gue sampe pada kesimpulan bahwa gue harus berani VCT. Karena gue yakin pernah ngelakuin perilaku beresiko tinggi walopun dalam frekuensi yang sangat minim. Oke deh.. buat yang penasaran perilaku apa itu, ke laut aje deh. Gue gak mau menjabarkan secara terinci di sini :p

Eniwei pada saat itu mulailah gue mencari-cari tempat VCT. Pilihan di kliniknya NGO jelas-jelas gue tolak secara ya.. mereka tau aja gitu ntar kalo gue butuh VCT. Damn! Sekarang gue baru mikir, bahkan gue sebagai orang yang dilabeli mengerti banget dan berkecimpung di dunia kesehatan reproduksi dan penyakit menular seksual pun masih takut dapet stigma *sigh*

Stralah jadi akhirnya waktu itu gue memutuskan buat tes di salah satu RS swasta di Jakarta. Sebagai mana layaknya VCT, setelah daftar gue harus ketemu dulu sama konselor HIV AIDS. Sejujurnya pada saat nunggu giliran ketemu konselor itu gue udah cukup sakit perut dan deg-degan. Waktu itu sih kekhawatiran gue baru berkisar apakah gue bisa put my trust ke si konselor sehingga dia bisa dapet data lengkap tentang gue.

Sampai giliran gue dipanggil, akhirnya ketemulah gue sama konselornya dan dia mulai assess pengetahuan dan motivasi gue. Semuanya berjalan cukup singkat karena gue dianggap tau segala resiko dari keputusan gue untuk tes. Cukup menyenangkan juga sebenernya karena gue dapet konselor yang sangat asik dan sangat tidak menghakimi. Gue dikasih formulir kesediaan tes dan diminta balik kapan aja gue bener-bener siap buat tes.

Sebenernya gue mau balik besokannya, tapi pada saat itu gue ngerasa powerless banget. Gue takut hasil tes gue bertuliskan: REACTIVE alias ditemukan antibody HIV di dalam badan gue. Padahal ya bo.. gue tau banget kalo kemungkinan terjadinya amat sangat kecil (based on pengetahuan yang udah gue terima ya).

Eniwei gue akhirnya baru dateng lagi 4 hari kemudian dalam keadaan pucat pasi dan berkeringat dingin dan berusaha menguatkan diri. Gue ketemu lagi sama konselornya, dikasih nomor ID, diambil darah, ketemu konselor lagi setelahnya dan diminta dateng seminggu lagi.

Nah disinilah puncak segala penderitaan, nunggu hasil tes. Sehari-hari ngadepin Mbak Titin di kantor sih berusaha tetep tenang tapi sumpah dalam hati gue kayak pengen mati aja saat itu juga. Nggak sanggup banget nerima hasilnya ntar gimana. Gue aja yang tau possibility gue positif itu sangat kecil sekali, kayak gini ngejalaninnya, apalagi buat yang kans positifnya lebih besar hiks.. Waktu itu sih gue belom bisa mikirin apa-apa selain kecemasan gue sendiri :p

Sampailah di hari pemberitahuan hasil, dengan lemas (dan pastinya keringet dingin banget) gue masuk ke tempat konseling. Nyaris nggak denger waktu dia ngejelasin bahwa kalo hasil gue reaktif maka gue akan dirujuk ke case manager dan kami akan mulai membicarakan langkah yang harus disusun untuk menjalani hidup selanjutnya. Begitu amplop hasil dikasih dan gue ditanya mau kasih tau ke siapa kalo hasilnya reaktif, dengan linglung gue bilang: MBAK TITIN. Konselor gue nganga secara dia berharap gue kasih tau ke anggota keluarga :p

Gue bersukur karena sebagaimana prediksi, hasil test HIV gue adalah non reaktif yang berarti nggak ditemukan antibodi HIV di tubuh gue yang artinya di tubuh gue nggak ada virus HIV :) Rasanya waktu itu mungkin kayak perasaan Lance Armstrong pas menangin tour de France pertama kali, lega bahagia campur aduk jadi satu.

Dulu waktu gue baru mengenal VCT dan mulai aktif jadi trainer kespro termasuk HIV AIDS, gue selalu bilang: hare gene nggak berani VCT..... Tapi sejak mengalami sendiri ngejalanin VCT gue baru ngerasain bahwa ngelakuin VCT mungkin buat banyak orang sama kayak mendorong diri sendiri masuk neraka dunia. Apalagi kalo akhirnya hasil test adalah reaktif, mungkin rasanya kayak kiamat. Tapi bagaimanapun juga, menjalani hidup dengan mengenal segala hal tentang diri sendiri (termasuk penyakit kita ya) pasti akan lebih menyenangkan.

Jadi buat siapa aja yang nyasar baca tulisan gue ini, yang ngerasa pernah ngelakuin perilaku beresiko tinggi walopun hanya sekali, think about having test for yuorself. Semakin cepet tau kondisi, semakin enak memanage hidup lu.
Nah buat yang nggak yakin apakah yang lu lakuin itu beresiko tinggi ato enggak, googling dong ah! Hare gene gak tau cara cari info di dunia cyber :p
But if you need someone to talk to, just contact me. I am available for any kind of discussion.

Dan mulai sekarang, mari kita hidup sehat dan bertanggung jawab ;) Dont have sex (emang bisa ya hihihi..), be faithful to your partner, dont do drugs and please have a safe sex. Pake kondom gitu loh!

4 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Bener tuh!, coba deh testing.. awareness is key to prevention and erradication of HIV/AIDS...

Seperti test golongan darah aja kok.. meski sedikit agak beda..

Seneng udh bisa mampir kesini, salam hangat dari Afrika Barat
--------------
PS: Ohya, Warung yang lama ini akhirnya kembali di buka, setelah lama di tinggal mudik.

11:34 PM  
Blogger Apey said...

Jeng Na, very inspiring ! Kebetulan aku lagi nyari2 artikel/cerita blog ttg HIV AIDS gini. Salut aku buat langkah yg dikau ambil utk test. Aku jg baru ikutan ToT HIV AIDS. Tulisanmu ini boleh aku ambil buat sosialisasi HIV AIDS di tempat kerjaku ya...in charge bagian kampanye online nih. Thanks a lot!

8:49 AM  
Blogger nana said...

Aa DOMBA ya begitulah.. tapi di sini masih banyak yang takut ngetes. Takut dikatain nggak bermoral. Aneh bukan kalo HIV dikaitkan dengan moral? *sigh*

JENG APEY boleh banget... :)

9:07 AM  
Anonymous Anonymous said...

Salut buat penulis yang udah berani share pengalamannya.
Gw juga sama. Gw dapet suport n indormasi lengkap soal itu dari Spiritia. Di sana ada forum. Banyak odha yang baik-baik bgt, udah ngebantu gw.Waktu itu gw gak sengaja masuk ke www.spiritia.or.id

3:07 PM  

Post a Comment

<< Home