<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d9640075\x26blogName\x3dthis+is+about+ME+and+me\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://nanaworld.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://nanaworld.blogspot.com/\x26vt\x3d-8684301165100716096', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Tuesday, April 22, 2008

Fenomena Batik

Bukan.... sayah nggak akan menulis tentang sejarah batik, kekayaan jenis batik, ataupun analisa sosial tentang booming pemakaian batik oleh siapa saja di mana saja saat ini. Sayah nggak secanggih itu *keluh* Ini hanya tentang pertentangan batin saya saja kok.



Gue adalah penggemar berats batik dari sejak jaman dahulu kala. Gak mau pake istilah penggemar sejati ya.. secara gue gak begitu faham apa makna kata ituh :p Dulu nih pada saat temen-temen sekolah gue malu gila kalo terpaksa harus pake batik, gue malah dengan bangga dan berdebar-debar menunggu-nunggu saat-saat harus pake batik itu. Apalagi pas gue udah mulai kerja, makin menggila deh kesukaan gue pake batik ke acara apapun yang harus gue datengin. Temen saya yang-namanya-tidak-usah-disebut itu sering banget ngomentarin gue norak, kampung, agraris, proletar dan sebagainya kalo ngeliat gue pake batik :)



Tapi ya, rasanya gue hepi dengan berbatik jaman dulu itu selain karena gue cinta batik juga karena itu adalah sarana gue tampil beda dari orang lain huehehe... Unik kan tiba-tiba aja ngantor dengan celana capri dan tunik batik ;)



Nah masalahnya adalah sekarang ini kan semua orang pake batik tuh. Bahkan temen gue ituh sekarang rajin banget borong bahan batik buat dibikin baju-baju trendy untuk ke kantor (jadi inget masa-masa dia menganggap batik kuno kampungan dan tua). Gue jadi mengalami dilema nih, karena hasrat berbatik masih sangat kuat tapi hasrat tampil beda pun nggak kalah kuatnya.



Kayak kemaren nih contohnya, ada ide berbatik di hari kartini. Gue sih gak keberatan ya... tapi man.. excitement memilih batik mana yang bakalan gue pake ternyata sudah sedemikian lunturnya deh. Males banget mikirin gue bakalan sama dengan orang-orang di jalanan.



No offens ya, gue seneng loh batik dilestarikan. Tapi kok agak sedikit khawatir ya mengingat sejarah kebangkitan batik akhir-akhir ini. Abis menurut gue reason munculnya trend berbatik itu dimulai dengan alasan yang agak nggak banget. Orang indonesia rajin menggalakkan batik setelah batik dicuri sama Malaysia. Well.. seblom itu emang juga udah ada beberapa designer kita yang eksplorasi batik, tapi bener-bener menjadi gejala menasional sih rasa-rasanya setelah kejadian heboh sama negara tetangga ituh. Jadi brasa instan gak sih....

Instan ituh lebih sering menyebalkan hasilnya (kecuali tentang makanan yang lebih sering memberi hasil ciamik ya :p). Jadi to all of you out there, saya seneng semua pada heboh pake batik. Tapi plis ya jangan pake alasan orang lain pake batik kenapa gue enggak deh. Wear it because you really wanna wear, karena memang kalian ngeliat batik itu bagus. Menurut saya, make batik karena gak mau beda sama orang lain itu membosankan.

Ayo ayo mari cintai batik dengan sepenuh hati. Nggak cuma batik deh, tenunan tradisional lainnya juga keren dipake sehari2 deh. Cobain tenun tradisional yang motif asli Ende ato Sabu, keren gila. Sekali lagi, melakukan sesuatu hanya agar sama dengan yang lain itu membosankan.

Be unique! ;)

3 Comments:

Anonymous Anonymous said...

secara yah.... dapat salam abis makan pancake trus kita belanja batik :)

7:31 PM  
Anonymous Anonymous said...

waktu belum booming batik, di kantor sini, aku dong yg pertama cieeee tapi sekarang oh oh males deh mbak... pada make semua..

dan tetep ga mau make batik di hari jumat ntar samaan ama bank2 itu hehehe

10:58 AM  
Anonymous Anonymous said...

haha..gw dulu jg ngantor pake kemeja batik n jins, spatu running.
sekarang krn buanyak bgt yg pk batik, gw jadi agak2 males.
lagian skrg susah nyari kemeja batik yg casual yg gaya2 outdoor gitu..semua gaya pejabat.sucks :(

3:03 PM  

Post a Comment

<< Home