<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d9640075\x26blogName\x3dthis+is+about+ME+and+me\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://nanaworld.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://nanaworld.blogspot.com/\x26vt\x3d-8684301165100716096', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Saturday, April 26, 2008

Mengamati Pembaca Berita dan Pembawa Acara Perempuan

Menurut gue sih televisi di Indonesia ini cukup unik juga, karena rasio pembaca berita dan pembawa acara di TV antara perempuan dan laki-laki yang kurang seimbang. Kalo dari pengamatan gue sih lebih banyakan perempuannya ya. Tapi gak tau juga kalo diliat secara keseluruhan crew berita gimana rasionya. Mungkin malah lebih banyak laki-lakinya juga.

Eniwei... buat gue sih menarik banget mengamati para pembaca berita dan pembawa acara perempuan. Ini bukan tentang baik dan buruknya mereka melakukan tugas, tapi lebih kepada gimana mereka menarik perhatian pemirsa aja sih (istilah jaman TVRI banget gak sih hihihi...). Yah paling enggak menarik perhatian gue yang emang suka banget merhatiin hal-hal yang gak penting ini.

Dari generasi awal TV swasta, yang paling gue inget adalah Desy Anwar. Mungkin banyak yang nganggep gaya bacanya Desy ituh sangat nggak banget, tapi buat gue dia memorable banget. Gaya duduk agak miring dan badan dicondongin ke depan itu menurut gue kayak ngajak orang yang ngeliat untuk intimate dengan berita yang sedang dibacain. Dan artikulasinya jelas. Para pelatih vokal pasti bangga sama Desy Anwar. I happen to know her family in Padang. Ya.. waktu gue tinggal lama di Padang itu deh, ternyata bapaknya salah seorang sahabat gue adalah sobat kentalnya bapaknya Desy Anwar. And we visited her mother in her house. A very interesting lady. Masuk di akal gue deh kalo tante itu bisa menghasilkan anak-anak seperti Desy dan Dewi Fortuna. Ah.. jadi pengen menjadi ibu seperti dia... *ngayal mode on*

Generasi sekarang yang berartikulasi jelas seinget gue adalah Sandrina Malakiano. Mungkin hubungan antara artikulasi dengan kecerdasan ituh cukup dekat ya, karena menurut gue mereka berdua sedang diem aja keliatan cerdas. Ato hub antara artikulasi dengan cara berpakaian. Emang antara Sandrina sama Desy punya gaya berpakaian yang beda, tapi kalo diliat sekilas menurut gue sih mereka selalu keliatan eeerrr.... clean. Bahkan setelah Sandrina pake jilbab yang kadang-kadang dihiasi bunga-bunga di kepalanya (untuk banyak perempuan gue ngeliat ini amat sangat mengganggu), tetep keliatan clean and neat. Halah menganalisa... :p

Lanjooot.... Kania Sutisnawinata. Hmm... gak usah diperdebatkan deh kemampuan berbahasa enggres semua anchor Metro TV, semuanya ciamik punya. Kania salah satu yang menurut gue menonjol. Gue suka ngeliat dia berpasangan sama Dalton Tanonaka. Nggak tau kenapa akhir-akhir ini dia diganti sama eerr... duh siapa itu yang cantik ituh. Cuma ya bo.. seperti halnya anchor Metro TV yang lain, kok mereka kalo bacain berita ato bawain acara dalam bahasa Indonesia suka ngucapin kata-kata Indonesia dengan gaya bule ya. Ato emang itu cara pengucapan yang benar? Misalnya yang fenomenal adalah mengucapkan Cina dengan Chaina. Entahlah...

Eniwei, gue ngeliat 2 kali Kania bawain berita yang 9 biji itu. Duh maap sayah lupa apa nama acaranya. Nah kan biasanya si anchor akan diambil gambar utuh tuh. Di sinilah peran penata busana sangat krusial. Dua kali gue ngeliat Kania di acara itu, kecewa beuneur deh liat outfit-nya. Pertama dia pake skinny pants gitu. Tapi keliatan berdraperi bo... Udah gitu agak kepanjangan deh kayaknya, soale gak enak diliat di sekitar daerah sepatu. Nah keduanya dia pake atasan yang formal gitu. Gue suka banget liat potongan resminya. Eh lha kok bawahnya pake celana boot cut gitu. Gue bukan penata gaya sih, tapi kalo menurut mata awam gue ini, atasan kayak gitu gak pas dipakein boot cut pants. Mungkin lebih baik celana pantalon yang lurus gitu deh. Supaya kesan formalnya holistik dari atas ke bawah.

Baiklah, mari sekarang kita beralih ke Chantal De La Concheta (bener gak ya kayak gini nulis namanya? Sebuah nama yang aneh...). Kok gue ngerasa secara tampilan dia beda ya dari sejak ada di Metro TV dan setelah ada di RCTI? Ato ini kesan gue aja ya.

Rahma Sarita. Sekarang dia pindah ke TV One kalo gak salah. Mengapa eh mengapa dia pindah? Kalo teori gue sih karena warna suara dia tuh sama dengan siapa itu yang ada di Metro TV. Lupa namanya ya bo.. Tapi kalo gak liat tampang, gue gak bisa bedain apakah itu Rahma Sarita ato si mbak satu lagi.

Sekarang beralih ke TV lokal punya Jakarta. Chakry Miller of O Channel. Well... biasa banget. Gue gak akan bisa identifikasi kalo itu adalah dia hanya dengan denger suaranya. Beda banget sama mbak-mbak yang udah gue sebutin di atas.

Gimana dengan Jak TV? Well di sana ada program yang gue gak yakin ini in house ato ambil dari Astro, namanya Sudut Pandang ato Kupas Tuntas ato apa gitu namanya. Ada satu pembawa acaranya, mbak-mbak, yang kalo gue jadi tamu di acara itu bakalan gue bawain golok ato clurit buat ngebacok dia. Gini ya bo, entah sampe sejauh mana si pembawa acara harus netral ya, gue gak ngerti. Mungkin ini tergantung konsep acaranya. Tapi si mbak ini, dari cara dia ngeliat tamu, sinar matanya dan terutama tarikan bibirnya, bikin gue pengen nabok. Bahkan cara dia duduk pun menunjukkan gesture menyerang si tamu. Pertanyaan boleh nyerang ato biasa aja, tapi kalo gue ngeliat gesture kayak gitu, bawaannya pengen maketin pacul buat tamunya. Wajar banget pas beberapa kali gue nonton, tamunya kepancing emoseh jiwa dan setelah acara berakhir dan mereka salaman kok menurut gue si tamu gak senyum tulus hihihi...

Hmm... siapa lagi ya? Melati eeerrr... Suryaningtyas? Dari ANTV. Mbak-mbak chubby, itu aja yang gue inget. Fifi Aleyda Yahya, Meutya Hafidh, dan mbak-mbak Metro TV lainnya kok menurut gue memberi rasa yang sama aja. Ya sama aja gitu, yang ngebedain mereka adalah namanya beda.

Ah mari kita akhiri pembahasan tentang pembawa acara dan pembaca berita perempuan. Mungkin lain kali kita lanjutkan dengan yang laki-laki (kalo lagi mood :p). Kayaknya kalo buat yang laki, lebih seru mengamati para pembawa acara infotainment laki deh. Lebih yummy buat dibahas ;)

4 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Setuju untuk tidak setuju dengan pengucapan Cina dengan China...
Tapi kalau membahas pembawa acara infotainment yang laki-laki hmmmmmmm...jangan deh, mending membahas pembawa acara infotainment perempuan yang punya cara berbicara suspense yang khas, lebih seru :P

9:40 AM  
Anonymous Anonymous said...

Cina tuh konotasinya negatif, derogatery, gara2 orba. Tapi daripada China/Chinese, mending Tionghoa aja. Jadi ga usah sok2 Inggris. Asli Indonesia dan asli dari sononya, Zhonghua.

Soal pembawa acara? No comment ah, ganggu bgt tau. Keseringan bukan merhatiin beritanya malah liatin yg bawa acaranya :P

12:48 AM  
Anonymous Anonymous said...

haha..
dari semua yg uda mbak jabarkan diatas,, emank mbak Sandrina dhe yg plg bikin kecantoool..kwkw
gud gud bwt point of view kale ini yg sip bgt..
maybe isa dtmbahkan pmbwa acra fenny rose??
;p

10:43 AM  
Blogger rifkiplick123 said...

Paling cantik tetap aviani malik dan tina talisa.... Love them... ;)

10:47 PM  

Post a Comment

<< Home