<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d9640075\x26blogName\x3dthis+is+about+ME+and+me\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://nanaworld.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://nanaworld.blogspot.com/\x26vt\x3d-8684301165100716096', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Saturday, July 16, 2005

Life Is an Exciting Business, And Most Exciting When It Is Lived For Others (Helen Keller)

Sebuah imel aku kirimin ke 3 orang teman sekitar 4 hari yang lalu, dan kemaren aku terima forward-an dari imelku itu kepada beberapa orang lain yang dilakukan oleh salah seorang dari ketiga temanku di atas.
Dan di bawah imelku itu dia menambahkan quote di atas, yang adalah salah satu favoritku sepanjang masa.

Bukan karena aku kerja untuk Helen Keller International, kemudian aku jadi sangat menyukai quote itu.
Entahlah kenapa, rasanya kata-kata itu selalu bisa bikin aku ngerasa adem di hari terpanas pada musim panas hidupku hehehe…

Seperti sekarang ini, aku panik dengan segunung pekerjaan yang dateline-nya sudah menunggu di depan mata. Beberapa sudah lewat n aku gak bisa nyeleseiin tepat waktu. Nyaris nggak tahu lagi gimana cara mengurai n menyelesaikannya satu per satu. Boro-boro nengokin blog, aku bingung mau mulai nyelesaiin kerjaan dari mana dulu.
Yang ada malah aku ngerasa kecerdasan dan kreativitas yang dianugerahkan Tuhan buat aku hilang musnah tak berbekas.

Lain waktu aku ngerasa sangat bosan sama hal-hal yang harus aku kerjakan dan hadapi sehari-hari. Bahkan menghadapi Ima yang lagi ngelaporin progress pemberian kacamata di camp-camp pengungsian bisa bikin aku sakit kepala. Padahal dia cuma ceritain soal seorang bapak yang rese-rese lucu banget pas milih frame.
Aku jadi nggak inget betapa aku menghabiskan berjam-jam waktuku di optic untuk memilih frame yang paling cocok buat sun glasses-ku yang baru.

Aku lupa bahwa aku sangat mencintai hidupku, karena aku melakukan sebuah hal kecil untuk orang lain. Bahwa semua kerja kerasku menelusuri buku-buku literature dan jurnal, kemudian mencoba menuangkannya menjadi sebuah konsep kegiatan yang nyata adalah bagian kecil dari upayaku untuk membuat hidupku berguna untuk sebagian kecil orang di sekitarku.
Yang ada hanya cape. Bosan. Jenuh. Lelah. Frustasi.

Kenapa akhir-akhir ini aku kehilangan excitement itu?
Kelambatan respon teman-teman atas imelku di atas malah membuat aku jadi bete n bikin statement keras: buat apa bilang peduli sama orang lain kalo ngerasa diri mampu untuk berbuat sesuatu tapi nggak melakukannya!
Hmmm…statement yang gak bijaksana n contra productive!
Padahal aku harus menghormati kebebebasan kehendak semua orang untuk melakukan apa yang mereka mau.

Aku seperti diingatkan oleh quote di atas yang dikirimkan oleh my dearest friend: jeng sweet angel. Mbok ya santai to Jeng Na, kalo kehilangan kecerdasan ya beli aja lagi. Jangan kayak orang susah! :p
Aku harus bisa menjalaninya dengan lebih relax dan gembira (seperti yang disarankan oleh Pak dosen funky yang juga lagi fully occupied) dan tentyu saja dengan bersemangat.

Perlahan tapi pasti aku menyusuri setiap baris list pekerjaanku n akhirnya bisa menyelesaikan 3 items kemaren malem. Dan aku juga sempet telpon beberapa orang donor potensial untuk kegiatan sampinganku. Oh ya, aku bahkan sempet nelpon ibuku err…sebuah pekerjaan yang lebih sering aku tunda daripada aku laksanain tepat waktu dengan alas an err…sibuk *aku maluuu….* :p

Hihihi…ternyata aku masih bisa membuat diri jadi berguna buat orang lain, bukan hanya mesin yang mengerjakan semuanya tepat waktu.
Masih terasa berat banget sih buat nyelesein semua assignment, tapi hidup kan nggak akan menarik tanpa perjuangan di dalamnya. Tul nggak?! ;)

19 Comments:

Blogger Unknown said...

aku selalu bilang ama diriku sendiri kalo lagi berada seperti panjenengan jeng...
"semua akan terlewati...kok,dan ingat suatu hari kamu akan mengenangnya sbg sesuatu yg indah dan membuatmu bangga pada diri kamu sendiri, karena kamu mampu melewatinya"

dan biasanya, meski tidak mudah melawan diri sendiri, aku mulai lagi menekuri dan mengurai satu demi satu kekusutan:)

take good care ya jeng...

2:58 PM  
Anonymous Anonymous said...

*tertegun*
Quote yang di atas itu bener banget. Aku pernah ngrasain semangat yang luar biasa waktu ngerjain suatu aktivitas sosial. Tapi memang namanya manusia ya, kalo udah kelamaan di satu tempat muncullah rasa jenuh dan bosen. Kuncinya emang dibawa seneng aja jeng, jangan dijadikan beban *gampang ya ngomong* :)

Aku kalo lagi beban kerjaan tinggi, suka ngebayangin waaaah pasti enak ya kalo bisa santai tanpa beban. Tapi ternyata waktu udah santai tanpa beban aku jadi bingung... kok nggak ada yang bisa dikerjain sih... ngeblog deh =))

Salut deh buat pengabdianmu ;)

6:31 PM  
Anonymous Anonymous said...

Hidup memang berat Na...*sambil banting cucian..* tapi harus tetap jalan, kan Na setuju dengan "jalani saja":D
doel

12:54 PM  
Blogger Akira's Blog said...

Jeng Na, dakuw juga kadang ngalamin gitu kok. Bosen, capek, gak ada semangat, dll. Tapiiy... aku bikin santey aja deh. Jalan2, blogwalking, telpon temen2, chating, dll. Wuih... rasanya "seger" loh. Hihihi... Pokoknya, coba lakuin semua yang Na seneng. okeh?

11:02 PM  
Blogger mutiara nauli pohan said...

have fun go mad.. have fun go mad.. have fun... jadi nyanyi.. nyantai mbak dinikmati cieee sok serius

7:39 AM  
Anonymous Anonymous said...

Hidup memang berat Na...*sambil jemurin singlet, gosokin baju, ngepel, nyapu, sama bikin indomie.*

Tapi ya show must go on kaaaann ? :D

Way

8:05 AM  
Blogger anastasianani said...

Hidup emang berat, tp kata org buddhist, kalo lagi susah , itu namanya karma, makanya jalanin aja karma itu sambil berterima kasih karena telah diberi pelajaran.

Dan Tuhan tuh pasti membantu kita dengan cara yg ajaib banget deh. aku dah pernah kok.

Satu lagi, berusaha tersenyum ~-~

1:12 PM  
Anonymous Anonymous said...

kalo pengen rada enteng yaa... jangan sampe telat dong epon rumah... :)

10:34 PM  
Blogger Unknown said...

mak, loe bisa kok menghadapi cuma hal kayak gitu. wong yang lebih bessaaaaarrrr aja bisa loe handle bukan? hihihihihihihihi

6:55 AM  
Blogger Nauval Yazid said...

ayo nana, kamu bissaaaaaaa! :D

11:28 PM  
Blogger guario said...

bosen sesekali mah biasa, nana kan juga manusia, bukan pisau belati:D.

1:35 PM  
Blogger L. Pralangga said...

As one go through the test of time, numerous instances from the low to the extreemes, self-satisfactory and excellence may drive one's happiness to the next level.. one among many is to serve thouself for others.. :)

I salute those characteristics going beyond the comfortable zone reaching out for others..

My kind regards and peace greetings from us here ..working for peace on someone's land..

1:44 AM  
Anonymous Anonymous said...

Sutralah mak. Makanya pacaran (apaan siihh..??!) :P :P

5:05 PM  
Blogger Sweet ANgel said...

pelipur lara segera tiba mbokyao .... yaitu .... "ka nilman", eh maksnya titipan g lewat ka nilman.

peace be with you yah...

8:52 PM  
Blogger Irfan said...

:o

(speechless,tertegun,nggumun,salut)

5:41 AM  
Blogger ben said...

makanya jeng, bawa daku ke aceh (biar tambah pusing !) :P

9:00 PM  
Anonymous Anonymous said...

Great work!
[url=http://zvpnpeba.com/yuil/naft.html]My homepage[/url] | [url=http://qojqgcko.com/uhdo/dgya.html]Cool site[/url]

1:10 PM  
Anonymous Anonymous said...

Well done!
My homepage | Please visit

1:10 PM  
Anonymous Anonymous said...

Great work!
http://zvpnpeba.com/yuil/naft.html | http://ngeeyqpb.com/ksfr/qopb.html

1:10 PM  

Post a Comment

<< Home