<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d9640075\x26blogName\x3dthis+is+about+ME+and+me\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://nanaworld.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://nanaworld.blogspot.com/\x26vt\x3d-8684301165100716096', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Thursday, July 07, 2005

Warteg

Pernah nggak denger joke yang mengatakan bahwa: di mana-mana ada Warteg, tapi di Tegal sendiri nggak ada.
Komentarku soal joke itu: BASI!!!!!!
Percayalah apa yang dikatakan Nana: Sumpah deh, di Tegal ada warung makan yang menamakan dirinya Warteg!
(Ditemukan pada saat perjalanan beberapa hari di wilayah Kabupaten Tegal. Sudah dilakukan cross check di peta untuk memastikan bahwa letak warung makan yang bersangkutan masih termasuk dalam daerah administrative Kabupaten Tegal sehingga dengan demikian bisa dijaga kualitas data ini dengan tingkat kepercayaan tinggi dan standar error yang tentu saja sedemikian rendahnya *anjrot bahasa gw*)

Berbanggalah menjadi orang tegal.
Sejauh pengalamanku traveling kemana-mana, cukup mudah buat nemu warteg a.k.a Warung Tegal di setiap sudut kota yang aku singgahi. Bahkan di Pacitan (my hometown) yang notabene adalah kota segede upil itu, aku nemu warteg juga hehehe..
Hebat memang!

Cukup banyak warteg yang menyajikan makanan dengan kualitas cihuy, tapi memang lebih banyak lagi yang ancur. Lha gimana gak ancur, semua makanan kok rasa vetsin!
Sindrom pake vetsin ekstra banyak ini amat sangat mewabah di kalangan Warteg.
Jangan-jangan ini salah satu cara untuk menekan harga makanan yang dijual, karena sebagai mana kita sudah sangat maklum harga makanan di Warteg tuh suka surprisingly very cheap.
Selain juga berdasarkan penyelidikan singkatku *dengan teknik2 intelijen yang cukupan canggihnya* ternyata banyak Warteg yang mendapatkan supply bahan dasar masakan langsung dari Tegal. Baik beras, bawang merah n bawang putih serta bawang-bawang yang lainnya. Dan itu adalah hasil produksi sawah mereka sendiri or dari kerabatnya yang tentyunya semua barang itu bisa mereka peroleh dengan harga yang ekstra murah.
Jadi deh harga makanannya jadi lebih murah.

Tapi banyak temenku yang alergi loh kalo diajakin makan di Warteg. Err..kayaknya sih karena gak gaya banget geto! Makan kok di warteg!

Bo’…plis deh! Never under estimate the power of Warteg!

Sebagai pecinta makanan enak, aku sangat menyayangkan hal ini. Buat aku sih selama makanannya enak, bumbunya nggenah (err..jelas kan maksudnya? Ini bahasa Jawa soalnya :P), bersih, dsb berarti makanan itu amat sangat layak untuk digemari. Apalagi ditambah bonus harga murah. Wuah.. what else can u ask!

Salah satu contoh kenikmatan makan di Warteg:
Pada sebuah perjalanan yang melelahkan dari Semarang ke Pekalongan *hiperbolik banget secara smg-pkl amat sangat dekat sekali :P* mampirlah kami (aku, slamet n driver) ke sebuah Warteg. Tempatnya gak terlalu luas, tapi bersih.
Jajaran makanan di etalase biasa-biasa aja, yang bikin aku gak terlalu bernafsu untuk mencicipi.
Aku pesen makan sambil ogah-ogahan: nasi ½ porsi, sayur daun singkong, cumi dimasak sama tintanya, tempe orek, kerupuk udang. Teh anget tawar sebagai temannya.

Suapan pertama biasa aja (soalnya nasinya doang).
Suapan kedua…hmmm…agak pedes.
Suapan ketiga…hmmm…cuminya kenyal-kenyl empuk gak menyusahkan buat digigit.
Suapan keempat…hmmm…sayur daun singkongnya kok berasa gini sih? Dikasih bumbu rahasia apa ya?
Suapan kelima…hmmm…enak!
Suapan keenam…hmmm…tempe oreknya cihuy.
Suapan ketujuh…hmmm…gak terasa jejak vetsin! (tentyu saja aku bisa ngerasain secara lidahku sensitive ma vetsin)
Dan selanjutnya dan seterusnya…sampai isi piringku berpindah semua ke perut dengan sukses hihihi…
Berapa total kerusakan yang harus dibayar? Cukup Rp 3,500 saja sodara-sodara!
(total kerusakan adalah terjemahan bebas dari total damage, sebuah istilah yang biasa aku pakai sama temen2 penggemar makan-makan untuk menyebutkan jumlah biaya yang harus dikeluarkan sebagai imbalan kenikmatan makan yang didapatkan :P)

Dan…pengalaman makan di Warteg dengan nikmat gak hanya hari itu aja aku dapetin. Di Jakarta banyak lo Warteg yang menyajikan makanan murah meriah asal kita mau cari n berani salah sampe dapet yang bener-bener OK hehehe…
Salah satunya adalah yang menclok di deket tempat kos. Walaaaahhhh… masakane jan mak nyus tenan…(err…sekarang dah mulai menurun kualitasnya sih sejak si babe meninggal dunia).

So… Selamat berburu Warteg enak ya! ;)


(pstststst…sebenernya penyebaran Warteg masih kalah sama Warung Padang off the secara di pelosok Flores pun yang kalo kita kirim surat pake DHL aja nyampenya seminggu, aku pernah dengan sukses menemukan Warung Padang ‘Bundo Kanduang’ bercokol dengan gagahnya dan tak ada sebiji Warteg pun menyaingi :D)

15 Comments:

Blogger dina susilo said...

Kadang-kadang nemu juga warung Tegal yang enak, tapi seringnya nemu yang cita rasa standar, standar MSG :D
Klo masakan padang standarnya lebih jelas, kolesterol tinggi tapi yummy. Tapi aku tetep setia pada selera jawaku yg ygy, manis dan agak pedas, seringkali ga ada gizinya, kayak gudeg :D

4:00 PM  
Blogger Unknown said...

wah...kalo ngomongin makanan gini aku kalah aja deh..:D

eh...jeng, aku pernah nemu juga warung padang di Bajawa sana lho...

9:00 PM  
Blogger deltakirana said...

[t]au gak kalo makan cumi plus tintanya berasa makan permen aspal jaman dulu? (inget gak sih yg alot2 gimannaaa gitu...? kalo gak salah judulnya benson) apalagi pake nasi panas makannya (cumi plus tinta, bukan permen aspal)

emang warteg disana (bukan di jakarta) enak2 banget jeng... gw aja kalo ke t4 bokap gw, solo-salatiga (PP) pasti gw nyari warteg yg deket perkebunan itu, tau yg gw cari apa? tempe bacemmm...mmm mmm yummy banget deh rasanya...

tp di halim juga ada warteg yg enaaak banget, deket intirub, namanya gewart dago (he3... dibayar brp gw promosiin warteg itu disini?) tp aseli kalo jam makan siang pasti rame banget deh, sayur asemnya itu...mmmm... kpn2 kita nyoba yak?

9:23 AM  
Anonymous Anonymous said...

Aduuh.. lagi ngetrend posting makanan ya? ternyata bisa menular gitu topik posting itu :D

Kalo aku harus ngomentarin posting soal makanan kayaknya nggak akan berubah. Aku nggak terlalu perhatian ama makanan. Antara lain karena memang lidahku nggak terlalu sensitip dan juga makan enak is not my obsession :D

Makan di warteg sih sering banget. Kriteria utamanya adalah bersih. Udah. :)

9:32 AM  
Anonymous Anonymous said...

Kalo gak ada warteg, bisa metong dah gue :)

11:39 AM  
Anonymous Anonymous said...

Pagi2 begini disuguhin postingan makanan.. lepeur...
Entah knapa warteg is not my priority.. kalo ada yg laen, napa enggak. Karena gw ngga biasa makan nasi rumahan. Kadang2 ngga bersih, kadang2 alot bin ajaib, kadang2 sayur nya menggenaskan *hasil kemarin dimasak lagi*, alhasil, perut gw pernah berDEMO-ria selesai makan dari warteg yg tempatnya entah dimana gerangan. Hihihi..
Gw mending nyari resto padang sekalian, ato yg jelas aja makanannya, misal: somay, bakso, ketoprak, soto, dll.

11:56 AM  
Blogger mutiara nauli pohan said...

di medan ga ada warteg mbak

5:05 PM  
Blogger Irfan said...

Help us plz! Semua nya mahal disini. Kita di Sydney perlu warteg! :(
(nb: yg ada malah warung padang, itupun kadang dah disesuaikan dgn selera lokal <-- ga pedes)

4:44 PM  
Blogger Nauval Yazid said...

nana,
waktu terakhir aku di jakarta, pas paginya sebelum perjumpaan kita yang berkesan itu, aku ke warteg di daerah menteng deket tempat nginep buat sarapan pagi. secara dah lama ga ketemu warteg, dengan kalapnya gue pesen aneka lauk dan aneka kerupuk (kalo mo tau pesen apa aja, japri, gue kan jaim, kurus2 gini maem nya banyak :p), dan abis berapa? 5500 rupiah sajaaaaaaa! gilingaaaannnnn! disini tuh segitu cuman dapet minum aer putih doang :( makanya kalo jij kesini ntar, siap2 bujet ekstra yaaaa :)

9:51 PM  
Anonymous Anonymous said...

Warteg di Tanah Kusir deket jalan Bendi tuh sedap. Yg dibelakang kantor juga enak, jantung ayam dikecapin, tumis jamur, sop, ayam goreng...

Tar mo kesana ah.. ada yg mo nitip di bungkus ??

Way

10:05 AM  
Blogger Unknown said...

mau donk daftar warteg nyang kagak pake vetsin! :P

10:14 AM  
Blogger guario said...

pertama kali diajak makan warteg kelas satu SMA pulang les bahasa inggris sama temen SMA yang satu kelas di LIA. kesan pertama, 'anjrot, kok ada obat nyamuk bakar di dalam etalase makanannya? tapi secara kantong anak sma ngepas sengepas2nya, harganya yang murah bikin warteg jadi pilihan utama kalo kelaperan. ternyata, kebiasaan berlanjut, sampe sekarang;).

tapi gila ya, makan pake cumi cuma 3500!

2:49 PM  
Blogger naanaaa said...

warung tegal sekarang udah ganti, jadi warung madiun, hehehe... **opo sih iki, ora mudeng**

1:18 PM  
Anonymous Anonymous said...

Tokecer... betul sekali..
Kata akang.. mafia tegal ada dimana mana tapi masih kalah sama mafia padang.
Sayang nya di NZ belum ada atau belum tejamah mafia tegal he he he....
Ayo..ditawarkan antek antek mafia tegal untuk secepatnya mengkontaminasi new zealand.

4:27 AM  
Blogger vigrx plus said...

Your Article Is This Very Helpful Thanks For Sharing...:)

10:52 AM  

Post a Comment

<< Home