<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d9640075\x26blogName\x3dthis+is+about+ME+and+me\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://nanaworld.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://nanaworld.blogspot.com/\x26vt\x3d-8684301165100716096', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Friday, June 24, 2005

Untuk Eva Yeung Dan Relawan-relawan Lain

Kamis pagi kami mendapatkan kabar yang mengejutkan, karena salah seorang rekan relawan dari IFRC (International Federation of The Red Cross and red Crescent) tertembak dalam perjalanan dari Lamno ke Banda Aceh setelah melakukan distribusi peralatan sanitasi dan kesehatan sekitar pukul 20.00 WIB.
Pihak TNI menyebutkan bahwa penembakan tersebut dilakukan oleh gerakan separatis yang akhir-akhir ini memang mulai aktif kembali.

Eva Yeung, nama relawan tersebut, berasal dari Hongkong dan sudah beberapa bulan bekerja di Banda Aceh dan sekitarnya. Terakhir kali kami berpapasan di kantor Dinas Kesehatan Prov. NAD pada saat aku mau menghadiri NGO coordination (health) dan dia sedang terburu-buru berangkat ke lapangan untuk distribusi. Tidak banyak yang kami bicarakan saat itu, hanya sekedar bertukar nama, senyum dan pembicaraan basa-basi tentang hal-hal nggak penting.
Oh ya, kami saling menyapa karena tertarik dengan logo organisasi yang tercetak di baju kami masing-masing.

Hmmm….jadi inget minggu kemarin aku juga ketemu sama sweeping GAM di daerah Bireun. Kami sih cepat dilepaskan dan nggak ditanya macem-macem karena mereka melihat logo organisasi dan nama Helen Keller International ditulis gede-gede di mobil.

Hmmm….padahal Eva juga sedang berada di dalam mobil IFRC pada saat kejadian itu. Secara mobil dia berwarna putih, pastinya akan tetep kelihatan dong lambang organisasinya walopun hari sudah cukup malam. Beda sama mobilku yang berwarna hitam. Mestinya kemungkinan dia untuk diserang lebih kecil daripada kalo pada saat itu aku yang melintas di sana.

Hmmm…jadi inget minggu kemaren dr. Celine dari MDM France cerita kalo baru-baru ini relawannya hilang selama beberapa hari di Krueng Sabe. Entahlah apa yang terjadi, karena sampai dengan saat ini tak satupun keterangan bisa diberikan oleh yang bersangkutan yang masih mengalami shock berat.

Hmmm….jadi inget suara panik di telepon pas maghrib waktu itu. Mega, field staffku di Aceh Utara, sekitar 3 minggu yang lalu bikin live report. Rasanya jantungku mau copot karena backsound-nya adalah suara tembakan-tembakan yang cukup keras.
Dan hari itu aku memutuskan untuk evakuasi mereka ke Bireun (nggak mending juga sih, lha wong abis itu di Bireun mulai sering kontak senjata lagi).

Hmmm….memang berat menjadi relawan disini. Posisiku mungkin agak enak karena sebagian besar kerjaanku adalah meeting, koordinasi, planning, setting, dsb.
Tapi keselamatan sekian ratus relawan yang bergabung di HKI adalah tanggung jawabku sepenuhnya. Dan itu sangat berat untuk diemban.

Mudah-mudahan semua kejadian tidak mengenakkan itu nggak pernah menyurutkan semangat kami bekerja di Aceh.
Untuk Eva, Celine, Dewi, Elham, Hindra, Robert, Ronald, Agnes, Icut, nutrition subgroup, dan semua relawan lain yang sedang bekerja disini, keep our spirit on!

14 Comments:

Blogger Unknown said...

serem juga ya mak, pantesan kalo jij langsung kirim sms pengakuan dosa waktu itu :P

1:18 PM  
Blogger nana said...

pengakuan dosa yang mana mak??? *innocent mode on* :P

2:08 PM  
Blogger Unknown said...

waduh...ternyata masih ada baku tembak ya...

ati2 ya jeng!

12:47 PM  
Blogger bagus_aa29 said...

aku akan berdoa sll tuk keselamatanmu, kesehatanmu....hati2 ya na! ikut berduka buat temanmu..semoga kebaikannya akan menambah keyakinan kalian tuk berjuang!

7:53 PM  
Blogger Nauval Yazid said...

nana,
postingan elo ini bikin gue tahan napas beberapa detik .... aaaaahhh ... lama juga bo, bikin sesek ...

take a good care ya *hugs* such a tough life you have there, but keep believing that you'll make it through :)

we love you lho! ;)

8:06 AM  
Blogger naanaaa said...

syerem... nyaaa... kejadian tak terduga yang dapat menimpa setiap orang, duuuhh... ngeri. jaga diri baek baek ya na.

8:52 PM  
Anonymous Anonymous said...

Dan Kamu masih balik lagi ke Atjeh setelah kejadian ini ? semoga gak ada dor doran lagi deh.. serem..

Way

8:44 AM  
Anonymous Anonymous said...

You'll be okay mak

9:31 AM  
Anonymous Anonymous said...

Sebagai relawan ya harus rela dengan segala macam kondisi itu bukan? tuntutan profesi gitu loh...
Yang kerja di Jakarta bukan berarti aman dari segala kemungkinan buruk juga kan? bisa2 tiba2 sial kena bom :(

Tetep waspada aja...
Bagaimanapun kerjamu disana kan sangat mulia...
Tunjangannya gedhe pula ;) hehehe

7:44 PM  
Blogger Irfan said...

Gerombolan separatis bener2 keterlaluan !@@#$#$*&!! What's on their mind!!???

4:26 AM  
Blogger anastasianani said...

aduh serem banget.. dasar orang2 sadis!.. and u're all the real hero.. i believe that..

8:41 AM  
Blogger anastasianani said...

aduh serem banget.. dasar orang2 sadis!.. and u're all the real hero.. i believe that..

8:41 AM  
Anonymous Anonymous said...

hati hati Na, berdoa selalu!
KILOMETER TUJUH DUA.. (seramm)...

Kita doakan! Tapi Nana juga hati2 yaa...

1:01 PM  
Blogger guario said...

semoga lo menemukan laki2 aceh yang bisa melindungi lo boo... amin.

2:50 PM  

Post a Comment

<< Home