<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d9640075\x26blogName\x3dthis+is+about+ME+and+me\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://nanaworld.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://nanaworld.blogspot.com/\x26vt\x3d-8684301165100716096', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Thursday, February 24, 2005

Flores...Hidden Exotica

Dua kali aku mengunjungi Flores dengan total hari kunjungan hampir 2.5 bulan. Berhubung kesananya sambil kerja, jalan-jalannya juga ke tempat yang nggak jauh-jauh dari tempat kerja deh. Tapi lumayanlah daripada enggak sama sekali toh.

Nikmatilah perjalanan ke Flores dengan sebaik-baiknya, baik dateng pas musim kemarau ataupun musim semi (semi??? Hujan kale!). Saran saya pake penerbangan langsung dari Jakarta aja, Pelita Air n Merpati Air. Belajar dari pengalaman saya, walopun CGK-DPS lebih nyaman pake Garuda (my fav morning flight with DC-10) tapi ganti pesawatnya cukup bikin bete.

OK, prepare with the small airplane that fly you from DPS. Kebanyakan pake Fokker 28 *sigh* ato kalo enggak itu tuh yang bikinan Bandung, CN 2350 kali ya hehehe… Pesawatnya selalu terbang rendah euy, aku sih agak ngeri ya. Apalagi banyak turbulensi sepanjang perjalanan. Banyak-banyak baca doa aja soalnya perjalanannya cukup lama, sekitar 2 jam gitu deh. Untung waktu itu aku dah biasa pake Merpati dari DPS ke Mataram yang penuh delay, guncangan, dan keringat (baru mo adem dah landing lagi hihi..). Temenku ada yang sampe pucat pasi n ikutan ngerem setiap kali pesawatnya ajrut2an :D

Beware kalo dah mulai masuk daratan Flores (pramugarinya ngasih tau biasanya). Lihatlah ke luar dari jendela, tapi jangan ngelongok terlalu jauh ntar kejedug kaca.
Pertama kali aku ke sana lagi musim kemarau panjang jadi gunung2, bukit2, lembah2 coklat kekuningan semua. Gundul. That was so…beautiful up there!
Maklumlah, saya blom pernah ngeliat gundul yang bener2 gundul kayak gitu.

Kalo pake Pelita Air, dia akan transit bentar di Labuhan Bajo. Kalo mau tour lengkap di Flores mulailah dari kota ini. Turun, keluar dari bandara n pergi ke arah pelabuhan. Mo ngapain? Tentu saja nyeberang ke Pulau Komodo atau Pulau Rinca. Nikmatilah hidup bersama reptile dari jaman purba. Maaf nggak bisa cerita banyak soale blom kesana juga. Sesaat seblom aku kesana ada turis Perancis yang tewas dikonsumsi komodo, so… I was scared :(

Dari sana penerbangan langsung dilanjutin ke Wai Oti di Maumere.
Panas. Berdebu. Itulah kesan pertamaku tentang ibu kota kabupaten Sikka ini. Kami beruntung nginep di rumah Pak Kadinkes Sikka so kesejahteraan pasti terjamin hehehe..

What can we see in Sikka? Banyak bow… Let me think first…
Wai Ara, pantai yang dahsyat menurutku. Beniiiing banget airnya. Kita bisa liat ikan-ikan hias berkeliaran dari permukaan air. Pantainya sepi, cocok buat honeymoon.

Palu’e adalah pulau yang masuk ke wilayah Sikka walopun secara geografis lebih mudah dijangkau dari Ende. Untuk kesana butuh perjuangan juga melawan gelombang laut yang cukup besar di bulan2 tertentu.
Malam pertama di Palu’e aku mulai belajar makan ubi rebus/bakar + ikan bakar (tanpa bumbu apa-apa). Ubi Palu’e sangat terkenal di Sikka sebagai ubi kualitas tinggi.
Enak juga lo, makan aja ganti2an ubi n ikannya. Tapi ya..kupikir cuma sekali itu aja makan kayak gini, ternyata eh ternyata… setiap saat! Variasinya cuma nasi putih+kacang hijau dimakan bareng ikan rebus dikasih asem dikit.
Aku…ternyata bisa juga makan ini hihihi…

Selama di Palu’e aku nginepnya ganti-ganti antara di rumah petugas Puskesmas atau di rumah romo pastur gitu deh. Kegiatan sepanjang hari adalah kunjungan ke desa2 dengan pake perahu+manjat bukit dimana kita bisa ngeliat indahnya pantai di ketinggian tertentu. Biar betis pegel banget, tapi gak rugi deh dilakuin mengingat sambutan ramah dari penduduk di atas bukit itu. Karena di atas gak ada air bersih jadi aku biasanya dipetikin kelapa buat diminum airnya. Segeeeerrrr…*ngeces*
Sorenya begitu balik ke penginapan, abis dinginin badan bentar biasanya aku langsung ganti kostum n nyemplung di pantai depan rumah. Biasaaaahh… maenan air sama anak2 nelayan hehe.. Kalo cape biasanya aku maen perahu bentar agak ke tengah buat liat ikan hias yg kayak model lagi berlenggak lenggok di catwalk.
Oh ya, orang Palu’e biasanya berdagang n belanja ke Makassar. Jauh banget ya.

Di kota Maumerenya sendiri kita bisa keluyuran kemana. Mo ngeliat pengrajin tenunan khas Sikka (masing2 daerah punya motif khas), mo ke pantai2nya, mo ngeliat orang jualan di pasar, ato cuma mo kelayapan naik ojek keliling kota juga bisa.
Sayangnya nggak ada rumah makan yang menyediakan menu asli Sikka. Aku cuma sempet dibikinin rumpu rampe sama ibu2 dari Dinkes aja. Rumpu rampe tuh tumis segala jenis sayuran yang ada di kebun. Campur aja gitu, bayem, daun singkong, daun papaya, daun katuk, trus sejenis rumput2an gitu deh n macem2 lagi.

4 hari pertama di Maumere, orang-orang di pasar dah mengenal kami sebagai tamunya bapa doktor. Ya iyalah dikenal, tampilannya aja beda gitu hehe..
Mereka adalah orang-orang yang cepat akrab walopun baru ketemu sekali. Dan kayaknya sangat suka ngeliatin pendatang :P Inget pengalaman pertama ngasih training di depan kelas, mereka memandang dengan takjub ke arahku.
Sejam penuh tanpa ada satupun materi yang bisa mereka mengerti hanya gara2 sibuk ngeliatin sayah. Oh Tuhan…sementara di Jakarta saya dilirikpun jarang2, disini lha kok jadi object of desire gene! :D

Oh ya kalo beruntung kenal sama pemiliknya, kita bisa pergi ke satu pulau yang disewa sama perusahaan jepang (kagak tau namanya) buat budidaya mutiara. Ichikawa-san adalah pemimpin disana.
Masuk ke pulau ini suasananya sepiii…rapiii…teratur n tertib, ala Jepang. Tapi pas masuk ke dalam tempat budidayanya lha kok diputer musik klasik :P Kata Tante Intan (istrinya Ichikawa-san) kerang bisa optimal tumbuhnya kalo diputerin musik itu. Hmmm…gak bisa komentar banyak ya, saya cuma sekedar pemakai aja sih kalo mutiara mah.

Kunjunganku selanjutnya adalah ke Ende. Kota tempat bertemunya ragam kebudayaan. Kalo di Maumere suasana sehari2 kental dengan tradisi Katolik, di Ende kita bisa denger suara adzan 5 kali sehari bercampur dengan lagu2 pujian untuk Bunda Maria (waktu kesana lagi bulan maria).

What can we see there? Yang jelas di sepanjang jalan dari Maumere – Ende berentilah di danau tiga warna. Iya! Danau Kelimutu! Harus jalan kaki lewat tangga yang (huh!) banyak banget untuk sampe ke atas. Dingiiiinnnn…
Waktu kesana danau yang bisa berubah warna ini lagi berwarna hijau tosca, coklat n merah marun. Gimana gak sampe bengong ngeliatnya secara di postcard kan warnanya gak gitu toh.

Jangan lupa mengunjungi rumah bekas pembuangannya Bung Karno. Oh ya, disana juga banyak kapel n biara yang sangat layak buat disinggahi. Bilang aja sama kepala biaranya (opo yo istilahe??) kalo kita mo liat2, hampir selalu dikasih kok asal lagi gak ada misa aja.

Kota kecil yang indah. Jalanan naik turun n berkelok2, pantai dimana-mana tapi kok ya masih terasa sejuk, keramahan, tenunan indah (aku lebih suka motif Ende daripada Sikka), bahkan cuma keluyuran gak jelas aja bisa bikin aku bahagia banget. Butuh apa lagi sih yang lebih daripada itu?

Well, masih ada satu kota indah lagi di Flores. Yup apalagi kalo bukan Larantuka kota Reinha Rosari. Ntar deh ada tulisan khusus tentang Larantuka (kapan2 maksudnya kalo si mood dateng lagi).

Flores… pas kunjungan kedua disana lagi musim semi. Seperti biasa begitu masuk daratan flores aku langsung ngelongok ke jendela. Ada yang bikin aku kumat melankolis, ternyata hamparan coklat yang dulu kulihat sekarang berganti jadi hijau dengan bintik2 coklat kecil2 hiks.. (dasar nana cengeng!). Kok bisa ya, Tuhan memang maha pinter.
Oh ya, aku juga sempet belajar tari pergaulan muda mudi Flores pas dateng ke pesta kawinan.
Yah siapa tahu ntar ada orang Sikka yang mo ngasih belis (mas kawin) 5 buah gading, 30 kuda, 30 sapi, 30 kambing, 30 babi, 29 kain tenun tradisional (yang 1 dah dikasih tahun lalu) dan uang 75 juta, saya kan dah siap sama dansa yang tepat…*wink wink*

12 Comments:

Blogger siberia said...

aku beruntung pas masuk kerja, langsung di ajak rame2 sama orang2 kantor *sambil kerja sih*, mengunjungi flores, dengan jalan darat pakai mobil kantor, 5 mobil. bolak-balik 2 minggu. dari bandung-denpasar, trus nyebrang ke setiap pulau, dari jawa-bali, bali-lombok, lombok-sumbawa, sumbawa-flores (moga2 nggak salah sebut nama pulau). asyik lho naik kapal2nya.
yg paling serem pas nyebrang ke flores, ombaknya besar sekali krn pas hujan lebat.
aku udah lupa kota2 yg disinggahi, di flores, tapi Ende, aku ingat, juga ke danau kelimutu...
yang aku terkesan ya padang rumput, ladang dan sawah yg tandus
dan betapa mereka tetap bisa bertahan hidup.

btw, kok nggak ada foto2nya Na? :)

4:00 PM  
Anonymous Q said...

Di Flores ada Panjebar Semangat gak? .... *innocent*

4:38 PM  
Blogger nana said...

MBAK RIA Yup 100 untuk nama2 pulaunya hehehe...
2 minggu ajrut2an gitu mbak, gak ngatasi aku :(
Buat orang yg ngakunya hidup di dunia modern kayak saya gini (ehem!) kadang2 cara hidup mereka memang suka susah dinalar.
Foto2nya ada...tunggu tanggal mainnya ;)

4:47 PM  
Blogger nana said...

Q maaf kamu bakal kecewa. Disana ada Panjebar Semangat. Yes!!
Mama Henyo, yg punya rumah tempat aku nginep mengimpor PS dari Malang secara dia adalah orang asli sana hihihi..

4:51 PM  
Blogger siberia said...

lho Na *dengan bangga* aku pulangnya sakit kok tiga hari sukses tewas terkapar gak bisa bangun, penyebabnya krn mobilnya ber AC, ndeso ya...:(

8:20 PM  
Anonymous Anonymous said...

Asyik ya...nggak salah dinamai Flores karena meski tampak gundul dari atas tapi indah... teman dari US juga jauh2 ke Indo, bukannya ke Jkt tapi malah berkelana di Flores...saya sendiri belum pernah... jadi ingin masak rampu rampe.. ada daun apa ya di halaman saya? :D
doel

12:22 AM  
Blogger nana said...

Mbak Ria hihihi... *aku ndak komen ah*
Mas DOEL kamu pasti ndak punya daun jati :D

1:36 PM  
Anonymous Anonymous said...

rio says:

eksotis banget yaaa... nggak heran balik2 kamu jadi pengendikawinin gitu, tapi errr... ternyata, kamu matre juga ya na!

3:30 PM  
Blogger nana said...

RIO aku gak matre. itu aja dah banting harga lo. aku sadar kualitas diri ajah sih hihihi..

11:05 AM  
Blogger pipit said...

sayang nggak ada fotonya.. :)
btw saya inget ada teman kuliah dulu namanya polce. rumahnya ya di skitar-skitar situ *lupa :p* dia jaraaaaaang banget pulang. pas saya tanya, dia curhat abis-abisan. perjalanan menuju rumah dia benar-benar butuh perjuangan. dari surabaya nek pesawat, nyebrang kapal, ganti bis, naek mikrolet lagi, ojek, dan trakhir... KUDA! itu pun nggak bisa nyampe depan pintu rumah karena rumah dia di pegunungan gitu. Jadi dia tetap harus turun dari kuda dan jalan kaki skitar 3 km sampe rumah... :D ya ampuuunn...

7:40 PM  
Anonymous Anonymous said...

Hello!

Nice site, keep up the good work .

http://buy-phentermine.hem.nu BUY PHENTERMINE
BUY PHENTERMINE
http://buy-phentermine.hem.nu buy phentermine
http://buy-phentermine.hem.nu phentermine online
http://buy-phentermine.hem.nu order phentermine
http://buy-phentermine.hem.nu cheap phentermine
http://buy-phentermine.hem.nu buy phentermine online
http://buy-phentermine.hem.nu phentermine diet pill
http://buy-phentermine.hem.nu phentermine online pharmacy
http://buy-phentermine.hem.nu phentermine prescription
http://buy-phentermine.hem.nu what is phentermine
http://buy-phentermine.hem.nu free phentermine

4:06 PM  
Anonymous Anonymous said...

Very cool design! Useful information. Go on! skin care Pain relief for popliteal aneurysm mazda engine swaps Softabs tadalafil www renault com br Insurance life term fun dress upgames forgirls Scrapbook storage tote d squared dresses Who27s who in mary kay cosmetics polka dot summer dress Von stein coat of arms fixed up hondas

11:26 AM  

Post a Comment

<< Home