<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://draft.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d9640075\x26blogName\x3dthis+is+about+ME+and+me\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://nanaworld.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://nanaworld.blogspot.com/\x26vt\x3d-8684301165100716096', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Tuesday, February 08, 2005

Mbak Atiek

Dia anak kedua alias si tengah di keluargaku yang cuma punya 3 anak ini. Beda umurnya sama aku 4 tahun. Tapi kalo sekolahnya sih bedanya 3 tahun soalnya aku masuk sekolah 1 tahun lebih cepet dari umurku. Di Pacitan geto loh.. boleh dong ah masuk SD sebelom umur 7 tahun. Lagian gw kan pinter *idung kembang kempis karena bangga*

Tampilan fisiknya Mbak Atiek tuh unik. Dibandingin sama orang jawa pada umumnya (apalagi saya ya hiks..) Mbak Atiek tuh agak beda. Aku juga nggak ngerti gimana ceritanya kok dia bisa punya kulit putih kayak gitu. Padahal bapakku kan mmm.. mmm…item banget ya (hihihi..kurang ajar ya sayah!). Ibuku sih lumayan bersih kulitnya. Mungkin karena masih ada keturunan sundanya.
Tapi anaknya yang satu ini… Hebat ya ortuku, bisa geto loh punya produk sekualitas Mbak Atiek :P

Bentuk wajahnya oval cenderung ke bulat. Alisnya sih nggak sebagus alisku *narsis mode on* tapi lumayanlah secara dia nggak pernah sengaja ngebentuk alis matanya.
Matanya unik. Sipit sih enggak, tapi bentuknya kecil n nggak lebar. Lipetan matanya kecil deh. Nah lo, kayak mata Cina kan?

Hidungnya nggak mancung2 amat, tapi bentuknya bagus. Nggak kayak sayah yang melebar di bawah deh pokoknya. Huhuhu…kenapa sih kakak2ku hidungnya bagus2 hiks..
Yang lebih menyiksa diri adalah, dia lebih tinggi daripada aku. Hah! Sebel! Bukannya seharusnya hukum alam mengatakan bahwa younger sibling has a taller body than the older. Yah..mungkin aku adalah kasus unik *teuteup..narsis*

Mbak Atiek tuh pernah didandanin pake baju jawa gitu lengkap sama sanggul n kebayanya. Wuah pantes banget dah! Wes pokoke ayunya gadis jawa tuh ya kayak gitu. Apalagi dia tipe yang pendiem, rapi, sopan, dan sebagainya. Pokoke sesuai sama Dasa Darma Pramuka dan Tri Satya (Aku sebenernya mau nulis salah satu bunyinya tapi sumpe deh kagak ada yang keinget. Oh ada, bertanggung jawab dan dapat dipercaya. Suci dalam pikiran perkataan dan perbuatan huahahaha...). Sejak itu kayaknya orang2 suka minta dia buat dipajang dimana2. Ikutan teaterlah, pentas tari, dsb. Mbak Atiek jadi populer deh walopun nggak masuk juga sih dalam jajaran selebriti Pacitan hihihi…

Dulu waktu aku baru masuk SD, orang kenalnya Nana adeknya Mas Nur. Pas masuk SMP dikenalnya Nana adeknya Mas Nur n Mbak Atiek. Cilakanya pas masuk SMA, aku populer sebagai Nana adeknya Mbak Atiek. Yang anak biologi itu lo. Yang rambutnya panjang sepantat itu lo. Yang anak Pramuka itu lo. Yang mmm… lebih cantik daripada dia itu lo. Bentji akoe!

Memang sodara2, saya selalu hidup di bawah bayang2 kakak2ku yang notabene cukup kondang di Pacitan tercinta dengan reputasinya masing2 *ratapan anak tiri banget*

Kalo sodara2 tahu Nana yang sekarang, mungkin sodara2 bisa menginsyafi mengapa saya dulu itu jadi trouble maker di rumah (catet: di rumah! Di sekolah mah saya anak teladan deh. Biasalah, kepribadian ganda). Nana geto loh, yang jiwanya bebas semau2nya dia sendiri, mandiri, yang ngerasa paling hebat di dunia, miss jutek, bermulut silet, narsis kebangetan, kok selalu dibandingin sama orang lain. Kayaknya ortuku dulu nggak nyadar kalo mereka lagi gedein anak naga yang sewaktu2 bisa ngebakar rumah gara2 nguap doang. Mereka pikir anak bungsunya ini kelinci manis sesuai sama shio-nya kali.

Eniwei, dengan kondisi kayak gitu aku banyak bikin masalah di rumah. Untungnya bapakku masih sodara sama Hittler jadi dia masih cukup bisa ngatur waktu itu. Palingan aku dimasukin concentration camp aja kalo lagi bandel. Coba dia sodaranya Bapak yang mana orba, mungkin gw dah dipetrus dari dulu2 hihihi…

Kebetulan aku (dan kakak2ku juga) nggak deket sama ortu. Satu mereka sibuk, kedua karena kayaknya bapakku nerapin prinsip kalo urusan anak tuh cuma ibu aja yang harus ngurus, dan ternyata ibuku juga gak punya cukup effort buat jadi temen anaknya waktu itu. Jadilah sasaran kebandelanku adalah kakak2ku, tepatnya Mbak Atiek, secara Mas Nur waktu aku masuk SD aja udah jadi mahasiswa.

Hebatnya Mbak Atiek yang aku tahu dari dulu sampe sekarang, jarang banget marahin aku. Kalo lagi ngamuk kan aku suka teriak2 di depan jendela biar tetangga2 tahu (teuteup..mau tampil kan). Mbak Atiek tuh cuma diem aja biasanya, sementara ibuku entah kemana waktu itu. Movement lainnya adalah buka lemari n keluarin semua isinya ke lantai. Kalo perlu kuinjek2 juga baju2 itu. Mbak Atiek tuh cuma diem, ngambilin baju2 itu lagi, ngelipetin trus dimasukin lagi ke lemari (yang pastinya aku segera ambil lagi n buang lagi). Paling dia bilang ‘Wes to dek…’

Agak gedean, aku makin sering bikin gara2 buat mempersulit hidup kakakku yang satu ini. Banyaklah kebandelanku. Gara2nya adalah aku nggak suka dia lebih sempurna. Maklumlah kan dulu aku abg kehilangan identitas yang nggak punya guidance.
Sampe tiba saatnya aku jatuh sakit, Mbak Atiek yang paling sabar nemenin aku. Aku nggak inget waktu itu ibuku lagi sibuk apa ya (Dharma wanita, PKK, Dasa Wisma ato apalah nggak tau). Makan, minum, mandi, segalanya yang ngurusin Mbak Atiek. Cuma ke dokter aja kayaknya sama bapak. Sentuhannya di kakiku, walopun asal n nggak mengikuti kaidah2 memijat yang baik dan benar, bisa bikin aku tenang. Nggak begitu berasa lagi deh demamnya.

Setelah sama2 agak dewasa, setelah aku menemukan who the hell Nana is, (anjrit istilah gw!) kami berdua baru bisa mulai temenan. Dan aku juga baru bisa ngerasain kalo she loves me just as I am.

No offense sama ibuku ya, tapi memang beliau nggak terlalu banyak peran membentuk aku jadi kayak sekarang ini. Mbak Atiek, adalah personifikasi ibu buat aku. Kalo aku pergi kemana2 tuh Mbak Atiek yang paling aku kangenin. Waktu aku sakit di Padang, nggak ada siapa2 (boong banget, kan ada pacar dimana2 hihihi…) ya Mbak Atiek itu yang tak telponi setiap saat sambil nangis2 hehehe…

Waktu dia mutusin buat jadi ibu rumah tangga, banyak orang yang protes. Katanya sih sayang sama potensinya gitu. Aku adalah penganut mahzab wanita karier yang setia sampe saat ini. Dan kayaknya aku selalu berapi2 kalo kasih motivasi ke wanita2 di sekitarku bahwa mereka harus bisa berdiri di atas kakinya sendiri. Bahwa mereka harus bisa mandiri secara financial gitulah intinya. Tapi dalam kasusnya Mbak Atiek, aku cuma diem aja. Lha gimana wong aku tahu kok kalo posisi itulah yang terbaik buat dia. Itulah dunianya. Bukan berarti bahwa dia nggak cocok buat kerja di luar rumah. Bukan gitu lo, tapi ya itulah Mbak Atiek. Orang nggak akan bisa ngerubah dia jadi wanita pekerja, bahkan mungkin aku. She was born with that rare skill not every woman have. She is gifted.

Mungkin aku belom pernah ngomongin in a proper way to her, that I owe her many things in this life. That I’ll always support her in every kind of silly decision she makes. That I’ll protect her from sadness. That I’ll always love her just as she is.

Take care sister, I pray for you always.





2 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Jadi ingat sama kakak saya...heran juga bisa memutuskan jadi ibu RT bahkan sekarang ibu RW hehehehe dan hanya mengurus anak+suami. Padahal dulu lincah dan aktif. Banyak belajar juga dari kakak :)
Doel-leo --kapan nih pasang shoutbox?

12:42 AM  
Anonymous Anonymous said...

I have been looking for sites like this for a long time. Thank you! Canon printer f50 codes nissan infiniti pictures bentley azure speaker How often car thefts happen Mexican riviera cruises deporting from washington Serotonin syndrome antidepressant free free keno game online 2004 range rover license plate frames hooked up photos of infiniti qx56 used engines for nissan infiniti tomtom 1d00780 in car gps Toyota celica t-sport

4:13 AM  

Post a Comment

<< Home