<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d9640075\x26blogName\x3dthis+is+about+ME+and+me\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://nanaworld.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://nanaworld.blogspot.com/\x26vt\x3d-8684301165100716096', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Friday, April 01, 2005

Cooking Class - Part 1

Ndak inget sejak kapan aku suka coba-coba masak. Soalnya dulu memasak tuh masuk kategori pekerjaan rumah tangga yang paling aku hindari dengan alasan terlalu feminin buat dikerjakan hehehe…
Kayaknya sih gara-gara aku suka makan enak n nebak-nebak ingredients + cara masaknya, akhirnya jadi penasaran deh pengen coba.

Tapi kalo lagi di sukabumi gini aku sama sekali nggak sempet masak karena err…sibuk hihihi… Warung Padang jadi andalan deh pokoknya.
Aku emang prefer masakan minang daripada sunda padahal warung sunda tersebar di berbagai sudut kampung n warung padangnya agak jauhan. Pokoke gara-gara sempet tinggal di Padang rusak deh selera makanku. Sekarang udah jadi kewajiban minimal seminggu sekali aku harus makan masakan uni/uda, kalo enggak bisa patah salero ambo!

Gara-gara masakan juga aku pernah bikin bete kakakku pas dia harus berkunjung ke rumah koleganya n ngerasa nggak pantes cuma bawa oleh-oleh mangkok bening yang menurutku sih cantik banget.
Dia minta dibungkusin biar lebih enak dilihat. Instead of ngerjain itu aku isi mangkok itu sama Goi Du Du alias salad pepaya muda ala Vietnam, resep baru yang aku comot dari mana lagi kalo bukan dari internet *hidup Google!*
Abis itu mangkoknya aku masukin ke dalam kotak yang tutupnya bening.
Kata saya mah udah indah banget ya, tapi ternyata beliau ngamuk n membuat gejolak jiwa kreatifku ini terluka *drama queen mode on*

Sambil cemberut (karena waktunya mepet n nggak sempet lagi nyuci tuh mangkok n ngebungkus jadi rapi hihihi…) akhirnya dibawa jugalah Goi Du Du pertamaku itu.
Ndak tahulah jenis hinaan apa yang diterima kakakku malam itu *puas banget kalo itu yang terjadi*
Yang jelas pas aku harus nemenin dia ke arisan *singh* eh ada tante-tante yang minta diajarin cara bikinnya.
(sekarang silahkan dibayangkan adegan berikut: diriku yang muda belia dan imut ini berada di tengah kerumunan ibu-ibu berambut sasak dengan perhiasan berlian segede-gede jengkol. Perasaan ter-alien-asi mulai melanda disaat dengan tiba-tiba seraut wajah ber-make up tebal dan senyum ekstra ramah nongol di depan mukaku. Dengan sangat pede-nya si make up tebal memberondongku dengan berbagai pertanyaan seputar Goi Du Du seolah-olah kami berdua adalah temen akrab sepanjang masa)

Begitulah pengalaman pertama dengan salad pepaya. Kalo besok mood, rencananya sih mau bikin. Kalo enggak yah paling enggak aku dah membagi resepnya sama orang-orang yang nyasar baca tulisan ini hehehe…

Goi Du Du

Bahan-bahannya ya jeng…
Green papaya – shred (kalo bisa dengan mandolin, kalo ndak tahu apa maksudnya mandolin disini silahkan search di Google)
Wortel/lobak – shred
Udang yang dah dikupas kulitnya – rebus (jangan yang ukurannya gede-gede)
Kacang tanah sangrai – tumbuk (aku sih lebih suka ditumbuk agak kasar)
Daun ketumbar alias cilantro – dirobek-robek kasar (tips: lakukan perobekan dengan sepenuh hati yang diliputi rasa iri dan dengki, pasti hasilnya bagus)
Gula pasir kira-kira 2 sdm

Buat dressing-nya nih jeng…
2 siung bawang putih – dicincang
5 – 10 buah cabe rawit merah – iris (kalo ndak suka pedas buang aja bijinya)
¼ mangkok air jeruk nipis
2 sdm gula pasir
2 sdm Nuoc Cham (hukumnya wajib ada. Pilihan Nuoc Cham yang cukup banyak variasinya ada di Ranch Market kalo di Jakarta. Oh iya Nuoc Cham adalah kecap ikan ala Vietnam)
Semuanya diaduk rata, jumlah masing-masing bahan bisa di-adjust sesuai selera tapi Nuoc Cham-nya harus ada.

Metodenya gini jeng…
Pepaya yang udah di-shred tadi diremas-remas pake gula pasir, terus dibilas pake air bersih sampe semua lendir/getahnya ilang. Lebih bagus kalo ditaro di dalam saringan n dibilas pake air mengalir.
Kalo udah beres terus dikeringin pake kitchen paper, sama kayak ngeringin sayuran buat salad. Kalo udah kering taro di dalam tempatnya (lebih ok kalo pake mangkok).
Di dalam mangkok tadi pepayanya agak diangkat-angkat semi diaduk dikit pake sumpit ato garpu. Do it with style, seolah-olah kita adalah chef terkenal yang udah malang melintang di dunia resto kelas atas dunia.
Sambil diangkat-angkat tadi, masukin wortel n lobaknya.
Kalo udah nyampur taro udang rebus di atasnya, terus siram pake dressing-nya n campur sampe rata.
Terakhir taburi kacang sangrai tumbuk n daun ketumbar.
Udah jadi deh.

Sampe saat ini belum ada laporan kalo resep di atas bisa menimbulkan korban jiwa.
Jadi selamat mencoba… :)

10 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Yaaaah keduluan posting resep.. tapi nggak apa2 deh, tetap akan saya post..
thanks ya, kayaknya resep ini patut dicoba meski saya tidak iri dan dengki dengan sasakan rambut dan perhiasan pete dan jengkol milik teman Jeng Nana :D
doel

3:26 AM  
Blogger Nauval Yazid said...

Nana,
apa kalo masak ini, harus nyasak rambut dulu ke salon & pake perhiasan segede lobak? :D

6:57 AM  
Blogger Unknown said...

kata temanku org jepang yg jago masak, "masakan apapun akan enak, kalo kita memasaknya dengan senang hati, dengan enjoy gitu"

aku kok masih nggak kebayang rasanya masakan ini lho NA..:D

7:10 AM  
Blogger Unknown said...

mak, kalo nggak salah ada makanan daerah sejenis ini yang nama gohu.
mengenai...si ibu itu hihihihihihi, i wish i were there buat liat muka loe! :D

7:13 AM  
Anonymous Anonymous said...

Posting ini sadis banget ya...
Ditumbuk, dirobek2 kasar dengan penuh kedengkian, dicincang, diremas2...
aduh Na... nyebut dong Na... :P

9:45 AM  
Anonymous Anonymous said...

e dodo e

nggak nyangka nana bisa gaul sama emak-emak sasak tinggi yang tiap malem tidur tengkurap biar sasakan nggak rusak, hihihi...

cobain dong goi dudu-nya...

ps: laen kali tuh berlian diklepto aja gimana:D?

11:36 AM  
Anonymous Anonymous said...

btw, tadi gue, rio.

11:36 AM  
Anonymous Anonymous said...

Hah Jeng Na??

ga salah? loe masak? secara dulu (kost)loe susah banget ke dapur

Btw gue mau donk nyobain

3:07 PM  
Anonymous Anonymous said...

bukannya daun pepaya itu pahit? wekss.. gmana coba rasanya? kalo daun ketumbar sih enak, buat garnish nya mie pho hoa (from vietnam). hmm.. resep pho hoa??
musti dicari!
:-)

1:09 PM  
Blogger nana said...

Mas DOEL asiiikkk..aku berhasil mendahuluimu *puas*

NAUVAL lebih afdol emang sasakan dulu seblom masak *jitak nopal*

Jeng RIA rasane suegerrrr...

IRVAN blom tau gohu yg kayak gimana ya? n lo gak usah ngebayangin gimana ekspresi gw secara lo pasti dah apal bgt :D

Q daripada aku jitakin kamu terus kan mending disalurkan kebengisanku ini ke acara masak to *ngasah golok depan Q*

RIO ckckck...lo emang bener2 ya.. *beresin peralatan makan dr perak jauh2 dari rio*

GOLDA ini pake pepaya muda jeng. err..resep pho-nya dah gw salin ya :P

1:58 AM  

Post a Comment

<< Home